Your Adsense Link 728 X 15

NASKAH PIDATO DENGAN TEMA “PEMUDA DAN SENIBUDAYA”

Posted by Dwi Febriyani Sabtu, 26 Mei 2012 1 komentar

Assalamu’alaikum warrohmatullahiwabarokatu
Yang saya hormati,Bapak Kepala Desa.
Yang saya hormati,para Panitia Penyelenggaraan Acara.
Yang saya hormati pula para tamuundangan ,dan yang sayasayangi dan saya banggakan semua teman – teman Karang Taruna Desa Suka Maju.
Pertama – tama, marilah kita panjatkan Puja dan Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah berkenan memberikan kita Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul bersama tanpa alangan suatu apa.
Pada hari ini,tanggal 17Agustus tahun 2012 kemardekaan Indonesia telah mencapai angka yang ke-67.Seperti biasa pada hari ini juga kita biasa berkumpul untuk saling bertukar pikiran dalam semua permasalahan yang tengah terjadi dalam masyarakat.Saya berdiri disini selain merupakan amanah dari teman –teman Karang Taruna Desa Suka Maju,saya juga ingin sedikit mengulas sebuah permasalahan buudayayang negeri kita tengah hadapi.
Sebagai generasi muda penerus bangsa sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga warisan budayanya.Budaya Indonesia yang sangat beragam dan indah tentu saja mengundang Negara lain untuk memilikinya.Walaupun begitu,kita harus sekuat tenaga untuk menjaga dan mempertahankan aset budaya bangsa tersebut.Jangan sampai aset budaya yang kita miliki sampai direbut dan di cap bangsa lain sebagai budaya  milik mereka.Buatlah bangsa lain terkagum-kagum dengan para pemuda Indonesia akan usaha untuk memperthankan budayanya.
Pada saat ini ,banyak sekali budayabangsa yang dicuri oleh bangsa lain dan di klaim sebagai miliknya.Misalnya saja  Lagu Rasa Sayange,Reog Ponorogo,Batik  Tulis Nusantara,dan yang sedang marak saat ini adalah perebutan tari Pendet oleh bangsa lain yaitu nageri Jiran Malaysia.Satu persatu,perlahan namun pasti seolah mereka hendak menguasai budaya Indonesia.
Maka,untuk melestarikan budaya bangsa kita perlu menjaganya dan membudayakan budaya bangsa dalam keseharian kita.Contoh kecil saja yang bisa kita lakukan dalam kehidupan  sehari – hari adalahdengan menggunakan baju batik,kita bisa membuat trandcenter dengan baju batik itu.Kesan formil akan hilang apbila kita pintar menyiasatinya dengan berbagai pilihan mode.Kita wajib melestarikan dan bangga dengan budaya yang kita miliki.
                Pesan saya untuk pemuda bangsa,jangan pernah dan jangan sampai ketika negaraini tengah mencapai kemerdekaannya namun masih terjadi melestarikan budayanya.Karena kalau bukan kita siapa lagi?Bangsa lain?
                Sekian,apabila ada banyak perkataan dan sikap saya yang kurang berkenan di hati hadirin semua saya meminta maaf yang sebesar- besarnya.
Akhirulkalam wassalamu’alaikumwarrahmatullohiwabarokatu.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus nih gan..

Posting Komentar

Pengikut

Link Teman Aran Share